Graphic User Interface (GUI)
Graphic User Interface (GUI) adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan beberapa komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text. Komponen – komponen tersebut bisa berupa tombol, gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yang dibuat tersebut.
Contoh Program Sederhana Gui
LatGui
Graphic User Interface (GUI) adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan beberapa komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text. Komponen – komponen tersebut bisa berupa tombol, gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yang dibuat tersebut.
Contoh Program Sederhana Gui
LatGui
/*
* To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
* To change this template file, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
package LatGui;
//modul-modul yang akan digunakan
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import java.awt.geom.*;
import javax.swing.*;
/**
*
* @author HP Envy
*/
public class LatGui {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
JFrame frame = new JFrame();
frame.setTitle("Aplikasi pertama - <Aslam Haikal>");
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
//tambah panel
MainPanel panel = new MainPanel();
frame.getContentPane().add(panel);
frame.pack();
frame.setVisible(true);
}
}
MainPanel
/*
* To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
* To change this template file, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/
package LatGui;
//modul-modul yang akan digunakan
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import java.awt.geom.*;
import javax.swing.*;
/**
*
* @author HP Envy
*/
/**
* class ini mewarisi class Jpanel
*/
public class MainPanel extends JPanel {
public MainPanel() {
this.setPreferredSize(new Dimension(400, 150));
this.setBackground(Color.PINK);
}
public void paintComponent(Graphics g) {
//paint component dengan default method
super.paintComponent(g);
Graphics2D g2 = (Graphics2D)g;
g2.drawRect(10, 10, 40, 50);
g2.drawString("Komputer Grafik Latihan 1 ", 10, 70);
}
}
Hasil
Post A Comment:
0 comments: